Inilah Keempat WNA Dimaksud

Visioner Berita Kota Bima-Tertanggal 30 April 2019, Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) yang melibatkan pihak Imigrasi kelas III Bima, TNI dan Polri, Kejaksaan Negeri (Kejari) Raba-Bima dan Dinas Kependukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bima menerima informasi adanya 4 orang Warga Negara Asing (WNA) sudah lebih dari satu minggu tinggal di sebuah rumah kontrakan milik Rifial yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Kelurahan Monggonao Kecamatan Mpunda-Kota Bima.

Dari hasil laporan warga itu, akhirnya Tim langsung bergerak dan berhasil menemukan adanya keempat WNA dimaksud. Keempat WNA tersebut adalah Cheng Hui Yuan, Bingsong Shao, Chang Shuzhuo dan Wenzhen Zhu.Berdasarkan data yang diperoleh Visioner mengungkap, keempat orang terebut adalah warga asal Tiongkok.

Masih menurut informasi yang diperoleh Visioner, keempat orang WNA ternyata memiliki Paspor dan masih aktif. Mereka bekerja di PLTU Bonto Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota Bima dibawah kendali PT. Rekadana sebagai Tenaga Ahli Mesin. Hanya saja, keempat WNA itu diduga  tidak mengantongi ijin tinggal dari Dinas Disdukcapil Kota Bima.

Oleh karenanya, untuk sementara keempat WNA itu masih dalam pengawasan pihak Imigrasi Bima terkait ijin tinggal sementara. Catatan pentingnya lainnya, keberadaan TKA tersebut diduga menyalahi aturan ijin tinggal dan ijin kerja dari Dinas terkait. Dan setelah dilakukan pengecekan oleh anggota Tim Pora , keempat WNA dimaksud didesak agar segera  mengurus persyaratan administrasi terkait dengan ijin tinggal dan ijin kerja di Dinas terkait.

Catatan lain yng diperoleh Visioner menguak, keempat WNA itu ternyata tinggal satu Kost dengan Warga Negara Indonesia (WNA) yakni Mulyono. Dan yang bersangkutan saat dimintai keterangannya oleh Tim Pora, ditengarai tak mampu memberikan keterangan yang jelas tentang keberadaan keempat WNA dimaksud.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi kelas III Bima Dedy, SH yang dihubungi melalui saluran selulernya pada Kamis (2/5/2019) mengaku masih mengikuti kegiatan penting di Jakarta. Oleh karenanya, ia mengaku tidak bisa memberikan keterangan terkait keberadaan empat orang WNA yang sedang diawasi oleh pihaknya ini. Tetapi, ia membenarkan adanya empat WNA yang sedang diawasi oleh pihak Imigrasi Bima ini. “Jangan saya yang memberikan keterangan kepada Media Massa. Tetapi silahkan konfirmasi Pak Yusuf (M. Yusuf) selalu Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Bima saat ini,” elaknya.

Sementara itu, berita ini ditulis M. Yusuf selaku Plh. Kepala Kantor Imigrasi kelas III Bima masih belum berhasil dikonfirmasi. Pada sesi lainnya, malam ini (2/5/2019) sekitar pukul 11.00 Wita yang berlokasi di Kantor Imigrasi Bima sedang berlangsung persiapan pelaksanaan Operasi Gabungan (Op Gab) yang dilakukan oleh Tim Pora Imigrasi Bima.

Informasi terkini yang diperoleh Visioner menyebutkan, hal tersebut dalam rangka melakukan Sweeping terkait keberadaan orang asing atau tenaga kerja asing di wilayah Bima yang dipimpin oleh Kabid Imigrasi Bima, M. Yusuf yang melibatkan Tim Pora sebanyak 14 orang. Sasaran Operasi Gabungan (Opgap) Tim Pora ini, yakni PLTU Bonto, Hotel atau penginapan, Rumah warga yang diindikasi terdapat orang asing. (TIM VISIONER)