Dari arena Intel Edcation Event di Kota Bima

INTEL Education Event yang mengambil tema “Pembelajaran Abad 21, Dan Implementasinya dalam Era Globalisasi” yang diprakarsai oleh Sentral Muslim Group dibawah kendali Hadi Santoso ST, MM (CEO) dan jajaran Sekolah Tinggi Kejuruan Ilmu Pendidikkan Taman Siswa (STKIP-Tamsis) Bima dibawah pimpinan Dr. Ibnu Khaldun (Ketua) serta didukung penuh oleh Pemkab dan Pemkot Bima ini telah usai.

            Seminar dan pelatihan tentang sistem informasi dan tekneologi tersebut, pelaksanaannya berakhir di aula Kantor Walikota Bima, Sabtu lalu. Kegiatan yang dimulai sejak pagi hari sekitar jam 8.00-13.20 itu menghadirkan dua pemateri hebat dari Intel. Yakni, Ganis Samoedra (Head Of Educatioan Development Intel Indonesia) dan Irwan Gunanto (Intel Business Manager).

            Sementara peserta seminar dan pelatihan melibatkan seluruh Kepala Sekolah (Kasek) SMP-SMA dan Operator SMP-SMA se Kota Bima. Sama seperti pada acara yang dilaksanakan di aula Kantor Bupati Bima sebelumnya. Dua pembicara handal dari Intel (Ganis Samoedra dan Irwan Gunanto) membawakan materi seperti di Pemkab Bima.

            Dinamika lain yang berkembang sepanjang pelaksanaan acara tersebut di Kota Bima, masih sama dengan yang terjadi di Pemkab Bima. Misalnya, terciptanya konten dalog interaktif antara pemateri dengan pihak peserta. Dan memberikan hadiah kepada setiap peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari pemateri, berani tampil kedepan hingga berani mengangkat tangan.

            Hadiah yang diberikan tersebut berupa baju kaos, flash disck dan sejumlah hadiah menarik lainnya termasuk handphone (HP). Liputan langsung awak media pada moment tersebut melaporkan, terdapat hal menarik yang terjadi pada pelaksanaan kegiatan spektakuler ini. Yakni, penyerahan buku karya pihak Intel kepada Kepala Dinas (Kadis) Dikpora Kota Bima, Drs H. Alwi Yasin M. Ap. Terungkap, buku tersebut berisikan topik-topik penting dan sangat bermakna bagi masa depan anak bangsa khususunya kalangan pelajar dan guru-guru.

            Masih dalam liputan langsung awak meda, usai mengikuti kegiatan tersebut, seluruh peserta diberikan sertifikat dan difasilitasi dengan acara santap siang bersama. Praktisnya, pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung sukses dan penuh himmad. Antara pamateri dengan pihak peserta terlihat akrab. Maklum penyamaian materi sangat mudah dicernak oleh peserta. Suasana kekeluargaan antara pamateri dengan dengan peserta juga muncul pada moment dialog interaktif.

            Di Kota Bima, moment tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Bima melalui Kadis Dikpora Drs. H Alwi Yasin M. Ap. Pasalnya, saat itu Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin sedang melaksanakan kegiatan penting lainnya. Usai pelaksanaan kegiaan dimaksud, Kadis Dikpora setempat menyatakan apresiasinya yang luar biasa kepada pihak panitia penyelenggara (Sentral Muslim Group dan STKIP Taman Siswa Bima).  

            “Masih minimnya pemahaman kita terhadap sistim tekenlogi dan informasi, tentu saja memerlukan sentuhan rasional. Karena, menghadirkan acara seperti ini adalah sangat tepat. Semoga apa yang diperoleh oleh seluruh peserta yang hadir dari pemateri tersebut dapat didistribusikan secara kongkriet kepada pihak kalangan pelajar SMP-SMA se Kota Bima. Terima kasih kepada pihak Intel, Sentral Muslim Group dan STKIP Taman Siswa Bima yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan spektakuler dan penuh makna ini,” ujarnya.

            “Kompetisi abad 21, MEA dan era globalisasi sangat ketat. Kita tidak boleh tertinggal. Zaman sudah serba canggih, penggunaan berbagai bentuk teknologi tak bisa dielakkan. Karenanya, pengetahuan kita tentang teknologi dan sistem informasi tetap bersifat mutlak agar tak menjadi bangsa yang tertinggal. Ditekankan kepada seluruh peserta yang terlibat pada moment tersebut agar segera mendsitribusikan pemahaman yang diperolehnya dari pamateri kepada anak-anak didiknya. Maksudnya, pada konteks guru adalah nakhodanya. Kalau nakhodanya bagus, tentu saja penumpangnya akan bagus pula,” imbuhnya.

            Sementara itu, CEO Sentral Muslim Group Hadi Santoso ST, MM yang dimintai komentarnya hanya menjawab singkat. “Alhamdulillah acara berlangsung sukses dan lancar. Antuasme peserta baik dari Kabupaten Bima maupun Kota Bima luar biasa. Intel hadir pada saat yang tepat. Yakni, ditengah kita membutuhkan pengetahuan dan pemahaman tentang sistem informasi dan teknologi. Harapannya, semoga semua mampu memaknainya,” harapnya.

            “Sebagai penyelenggara, kami ucapkan terima kasih tanpa batas kepada Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dan Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin yang telah memberikan dukungan penuh sehingga penyelenggaraan acara ini bisa berlangsung dengan lancar dan sukses. Pun terima kasih kepada media massa yang telah ikut berpartisipasi selama kegiatan ini berlangsung. Kami juga mohon maaf jika selama kegiatan berlangsung terdapat kekurangan-kekurangan. Ucapan terima kasih juga sangat penting untuk kami sampaikan kepada pihak Intel yang telah mensupor tunggal tunggal terhadap kegiatan ini,” pungkasnya.

            Penyampaian apresiasi atas dukungan penuh dari Pemkot dan Pemkab Bima terhadap kegiatan tersebut juga datang dari Head Of Educatioan Development Intel Indonesia, Ganis Samoedra. Peserta dari Kota Bima juga sangat antusias dengan peserta dari Kabupaten Bima dalam mengkuti kegatan ini.

“Sama dengan di Kabupaten Bima, peserta dari Kota Bima juga sangat cerdas, berani dan pintar. Ini mencermnkan bahwa peserta dari Kota Bima maupun Kabupaten Bima sudah berpikir maju. Semoga hasl yang dicapai asca acara ini dilaksanakan sama seperti apa yang kita semua harapkan. Intinya, era globalisasi, abad 21 dan MEA membutuhkan kecerdasan dalam berbagai aspek. Untuk itu, Indonesia harus mampu menunjukan sebagai bangsa yang maju di mata dunia,” imbuhnya. (Rizal)