Moment Pelantikan DPD 2 KNPI Kota Bima Oleh Ketua DPD KNPI NTB

Visioner Berita Kota Bima-Hj. Mutmainnah H. A.Rahim Haris, MA (Ina) merupakan Ketua Partai Nasdem Kota Bima yang kini masih menjabat sebagai anggota DPRD setempat. Politisi wanita yang masih tergolong sangat muda yang juga anak kandung dari seorang Ulama Besar Bima (Ketua MUI) ini, sesungguhnya tidaklah asing bagi masyarakat Bima.

Kehebatannya dalam dunia politik, pun terukur. Pasalnya, ia satu-satunya dari sejumlah Kompetitor dari Partai Nasdem pada Pileg periode lalu yang sukses lolos ke kursi Legislatif. Pada Pilkada Kota Bima periode 2018-2023, Ina bersama pasukannya pun kembali menorehkan sejarah termanisnya. Yakni, diakui sebagai salah satu pilar perjuangan yang mampu mengantarkan H. Muhammad Lutfi, SE-Feri Sofiyan, SH (Lutfi-Feri) menjadi Walikota-Wakil Walikota Bima.

Lepas dari itu, tahun 2018 Ina kembali membuktikan diri sebagai wanita tangguh. Yakni memenangkan event perebutan menjadi Ketua KNPI Kota Bima periode 2018-2023 secara aklamasi. Pun keberhasilan Ina dalam kaitan itu, praktis membuat “seorang rivalnya tak berdaya”. Praktisnya, kini Ina menjadi nakhoda dari seluruh Organisasi Kepemudaan (OKP) dibawah payung DPD 2 KNPI Kota Bima.

Senin (12/11/2018) tercatat sebagai moment yang paling dinanti-nanti. Yakni, Ina dilantik secara resmi menjadi Ketua DPD 2 KNPI Kota Bima periode 2018-2023 bersama seluruh Pengurusnya. Pada bagian lainnya, “nyanyian lantang dari rivalnya itu pun akhirnya sepi”. Liputan langsung sejumlah awak media melaporkan, Ina bersama pengurus DPD 2 KNPI Kota Bima di lantik di Paruganae Convention Hall Kota Bima (12/11/2018, Red).

Di Paruganae Convention Hall Kota Bima, Ina bersama seluruh Pengurus DPD 2 KNPI Kota Bima dilantik oleh pihak DPD 1 KNPI NTB yang juga disaksikan oleh personil DPP KNPI. Tak hanya itu, moment ini juga dihadiri oleh Muspida Kota Bima, Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, Ketua DPRD Kota Bima, Syamsusurih SH, dan sejumlah pihak penting lainnya termasuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Ketua DPD KNPI NTB Hamdan Kasim usai melantik Ina beserta seluruh Pengurusnya menegaskan, KNPI merupakan organisasi yang memiliki peran penting dalam memberikan kontribusi positif terhadap pemerintah. Untuk itu, kepengurusan yang baru dilantik didesaknya harus mampu membawa KNPI ke arah yang lebih baik dari sebelumnya, dan dihimbau agar bersinergi dengan pemerintah khususnya dalam rangka menyukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan di Kota Bima.

“Organisasi ini (KNPI) harus menjadi wadah pemersatu pemuda di Kota Bina. Sebagai generasi penerus harapan bangsa, pemuda juga wajib mendapatkan peran yang luas dalam keterlibatannya di setiap proses pembangunan,” tegas Hamdan.

Sementara itu, Ketua DPD II KNPI Kota Bima terpilih Hj. Mutmainnah A. Rahim Haris, MA pada moment tersebut menyatakan bahwa sudah saatnya KNPI harus membuktikan kepada masyarakat bahwa organisasi ini harus mampu memberikan kontribusi positif baik dalam bentuk ide maupun gagasan gagasan invovatif dan konstruktif bagi OKP-OKP. Tujuannya, agar OKP-OKP tersebut memberi kepercayaan penuh kepada kepengurusan periode ini. 

"Lembaga ini (KNPI) memiliki agenda yang jelas dan tujuan serta punya ruh pergerakan yang jelas pula. Oleh karenanya, para pemuda harus menggunakan sosial media sebagai ruang untuk membangun daya kritis yang konstruktif dan bermanfaat bai kepentingan banyak orang, tetapi bukan sebaliknya. Sekali lagi, kami menghimbau agar menjadi pemuda yang mampu memberikan keteladanan yang baik kepada semua orang,” imbuhnya.

Ina kembali menegaskan, komitmen dirinya bersama seluruh pengurusnya, diantaranya membangun sinergitas dengan pemerintah, mengawal serta berpartisipasi aktif pada setiap program pembangunan. “Komitment ini harus dilaksanakan, sebab tujuan kita bersama adalah membangun agar masyarakat dan daerah ini bisa menikmati kemajuan sesuai harapan bersama pula,” terang Ina.

Catatan penting Visioner juga mengungkap, beberapa hari jelang pelantikan DPD 2 KNPI Kota Bima, Ina bersama OKP-OKP melaksanakan kegiatan yang tergolong mulia. Yakni, masuk kedalam sungai jalur Padolo penuh lumpur untuk membersihkan sampah. Aksi mulia yang dilakukan oleh Ina bersama pasukannya ini, tercatat berlangsung beberapa jam lamanya, dan pakaian yang mereka gunakan saat itu juga tak luput dari balutan lumpur.

Tak hanya itu, setelah terpilih secara aklamasi menjadi Ketua DPD 2 KNPI Kota Bima pun Ina memberikan bantuan berupa bibit ayam kepada Pemuda yang berdomisili di Lingkungan Ranggo Kelurahan Na’e Kecamatan Rasanae Barat-Kota Bima. Kontribusi positif itu, diakuinya agar mereka bisa menatap masa depannya sekaligus sebagai salah satu cara untuk mengikis angka pengangguran.

Pada moment penting ini, Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE menyatakan dukungan terhadap berbagai kegiatan kepemudaan pada hal yang sangat positif baik untuk kepentingan pemuda maupun masyarakat secara luas. Untuk itu, Lutfi mengharapkan agar pemuda di Kota Bima bisa bersinergi dengan pemerintah daerah pada berbagai aspek, termasuk mengawal program dan kegiatan pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah pula.“Berpadunya antara pemuda dengan pemerintah dalam proses pembangunan, tentu pada saatnya akan melahirkan hal-hal positif untuk masyarakat dan daerah ini,” terang Walikota Bima.

Masih dalam liputan langsung sejumlah awak media pada moment pelantikan Ina beserta seluruh Pengurusnya, di luar gedung Paruganae Convention Hall terjadi aksi demosntrasi yang dilakukan oleh sekitar belasan orang. Belasan orang yang salah satunya terdapat Muchsin alias Dana Mbari Jambo sebagai rival Ina pada pelaksanaaan Musda DPD 2 KNPI Kota Bima, melakukan orasi secara bergantian.

Aksi demo ini, terlihat berlangsung sekitar tiga jam lamanya. Mereka berorasi secara bergantian, yakni pada saat prosesi acara pelantikan berlangsung hingga selesai. Aksi demonstrasi ini, juga dikawal ketat oleh aparat keamanan Polres Bima Kota. Pun berkat kesigapan aparat keamanan, aksi demosntrasi ini terlihat tidak berbuah anarkis. Singkatnya, memasuki waktu sore hari-aksi demosntrasi itu pun berakhir. (TIM VISIONER)