dari arena pembukaan MTQ oleh Bupati Bima di Desa maria-Wawo

Visioner Berita Bima-Ketua Panitia Pelaksana MTQ yang Ke XXIX tingkat Kabupaten Bima Drs. HM.Taufik HAK,M.Si, mengatakan kecamatan Wawo Desa Maria Utara Rabu (17/5) MTQ yang dipusatkan di Desa Maria Utara Kecamatan Wawo merupakan kegiatan rutin tahunan yang berjenjang, mulai dari tingkat desa hingga skala internasional. MTQ juga merupakan ajang berdakwah syair islam melalui lantunan ayat – ayat Al – Qur’an dan penjabaran serta isinya, sehingga diharapkan nanti akan tumbuh jiwa masyarakat Kabupaten Bima yang membuikan Al – Qur’an melalui pelaksanaan visi dan misi daerah Kabupaten Bima Ramah.

“Pelaksanaan MTQ Ke – XXIX tingkat Kabupaten Bima , direncanakan mulai tanggal 17 s/d 23 Mei 2017," katanya. Secara akumulatif, lanjutnya total peserta MTQ tingkat Kabupaten Bima tahun 2017 sebanyak 563 peserta. Yang terdiri dari 293 peserta putra dan 270 peserta putri yang merupakan utusan dari 18 Kecamatan.

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri yang membuka secara resmi pembukaan MTQ Ke XXIX merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. “Penyelenggaraan MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, selain itu menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif,” jelsnya.

Disadari, penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairah-kan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup paripurna umat manusia. Juga dapat menjadi tolak ukur dinamika aktifitas pembinaan seni baca Al Qur’an yang berlangsung di masing-masing desa dan kecamatan di wilayah kabupaten Bima.

“ Al Qur'an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji" ujarnya. Dia berharap, kegiatan MTQ dapat meningkatkan pemahaman,penghayatan,dan pengamalan masyarakat tentang nilai-nillai Islam dan memperdalam,memantapkan dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam, khususnya tentang Alqur’an, keimanan,ibadah, dan ahlak.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Unsur FKPD, Ketua dan anggota DPRD Kabuptaen Bima, Wakil Bupati Bima, Sekda kabupaten Bima, Asisten, Kabag, Staf ahli, para kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, camat, ketua MUI Kabupaten Bima, para peserta Mushabaqah Tilawatil Qur’an yang berasal dari 18 kecamatan.

       Sehari sebelum kegiatan ini dibuka secara resmi, terlebih dahulu dilaksanakan acara Pawai Ta’ruf di Kecamatan Wawo. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh SKPD, Sekretariat Daerah (Setda) dan pihak DPRD Kabupaten Bima. Tak hanya itu, para peserta di seluruh Kecamatan termasuk panitia, juga ikutserta di dalamnya. Dan, kalangan dunia pendidikan juga ikut meramaikan kegiatan ini. (Rizal/Must/Buyung/Wildan)