Alam

Oleh: Alam (Mantan Aktivis HMI)

 Diskursus tentang pilkada kota bima sangat terasa di berbagai situasi dan suasana serta diberbagai tempat warga berkumpul, baik lewat kopi darat maupun dalam jamaah facebookiyah atau dunia medsos.

Berbagai pandangan opini, prediksi, analisis dan dengan ragam varian argumentasi mengurai bak air yang tak terbendung. Semuanya menjadi sejarah baru di era pemilihan langsung seiring perkembangan jaman.

Disisi politik, pilkada kota kali ini banyak melahirkan sejarah baru dalam prespektif politik yang mampu di ciptakan oleh pasangan Lutfi Ferry.

Pertama, pasangan Lutfi Ferry menciptakan sejarah pertama seorang penantang petahana dalam pilkada yang didukung oleh 76% kursi di parlemen kota bima, atau sama dengan didukung oleh 59% suara partai politik.

Kedua, pasangan Lutfi Ferry dengan pengalaman panjangnya dalam dunia politik mampu mengkonsolidasikan mayoritas partai politik yang memiliki kursi di parlemen, yang nota bene memiliki karakter dan idiologi atau kepentingan politik berbeda dalam satu koalisi besar dengan melebuh menjadi satu untuk satu misi perjuangan bersama. Ini adalah sejarah baru yang patut di apreseasi dalam kancah perpolitikan di kota bima.

Ketiga, pasangan Lutfi Ferry kembali menciptakan sejarah baru dimana dengan kematangan dan pengalaman berpolitik dari dua figur ini mampu memblok parpol dalam dua kubu koalisi sehingga melahirkan pertarungan head to head yang diusung oleh parpol pada pilkada kota bima 2018.

Keempat, terkonsolidasinya parpol dalam koalisi besar mengusung paslon Lutfi Ferry juga menghadirkan satu fakta sejarah baru dimana parpol yang berkoalisi adalah semua parpol yang pada pilkada 2013 lalu menjadi rival petahana dan sekarang 9 parpol tersebut memfusikan diri untuk kembali konsisten menjadi rival petahana pada pilkada 2018.

Diluar dugaan banyak orang bahkan mungkin tidak terlintas dalam benak banyak orang akan hadirnya begitu banyak fakta dan sejarah baru dalam pilkada kota bima tahun 2018 ini.

Meskipun proses tahapan pilkada masih sangat jauh dan panjang namun kematangan, kemampuan serta pengalaman Lutfi Ferry dalam dunia politik ternyata berbuah fakta keberhasilan politik keduanya dengan menghadirkan fakta fakta politik yang kemudian menjadi sejarah baru dalam sejarah politik pilkada di tanah Bima.