Inilah Hewan qurban dari Bupati Bima untuk anak binaan di rutan

Visioner berita Bima-Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, tak hanya dikenal sebagai Tokoh yang murah senyum, ramah, santun, komunikatif dan lainnya oleh publik. Tetapi, isteri mantan Bupati Bima H. Ferry Zulkarnaen ST (almarhum) ini, juga diakui memilihi kesolehan sosial tinggi (suka memberi). Dan membantu pihak-pihak yang membutuhkan baik secara personal maupun atas nama institusinya, tercatat sudah menjadi kebiasaan bagi Tokoh Wanita yang menjadi Bupati di Indonesia bagian Timur ini.

            Seperti biasa, setiap hari raya Idul Qurban, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti baik secara kelembagaan maupun invidu-juga sering menyumbangkan hewan qurban berupa sapi mapun kambing kepada sejumlah pihak. Pun Idul Qurban tahun ini yang sesaat lagi akan tiba, Bupati Bima menggerakan hati nuraninya untuk menyerahkan seekor hewan qurban berupa sapi kepada pihak Rutan Raba-Bima.

            Penyerahan hewan Qurban tersebut, didelegasikan langsung oleh Bupati Bima kepada Kasuban Keagamaan dan Budaya pada Bagian Kesra Setda Kabupaten Bima-sebut saja Ahyani S.Ag dan kemudian diterima oleh Kepala Rutan setempat H. Abdul Khalik S.Sos.

 “Penyerahan seekor sapi jantan untuk Qurban tersebut, diterima langsung oleh Kepala Rutan setempat. Ini merupakan bentuk nyata dari rasa peduli Bupati Bima kepada anak-anak binaan di Rutan Raba-Bima. Sebab, anak-anak binaan di sana, juga ingin merasakan daging hewan qurban seperti orang lain di luar Rutan,” tegas Ahyani, Rabu (30/8/2017).

            Penyerahan hewan qurban tersebut, diakuinya dilaksanakan pada Selasa (30/8/2017), di halaman Rutan Raba-Bima.  Selain pegawai Rutan, ratusan anak-anak binaan juga menjadi saksi bagi pelaksanaan kegiatan dimaksud. “Mereka sangat senang menerima bantuan beruopa hewan qurban tersebut. Dan kami, pun merasa senang dan bangga karena disambut baik oleh anak-anak binaan di Rutan,” papar Ahyani.

            Penyerahan hewan qurban oleh Pemkab Bima kepada sejumlah tempat, bukan saja di Rutan Raba-Bima. Tetapi, akan dilaksanakan di sejumlah wilayah lain di Kabupaten Bima. “Hal tersebut, meruakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemkab Bima pada setiap tahunnya. Untuk tahun ini, kami sedang melakukan evaluasi pada wilayah mana saja hewan qurban tersebut di serahkan. Tetapi, semuanya sudah direncanakan,” katanya.

            Secara terpisah, Kepala Rutan Raba-Bima H. Abdul Khalik S.Sos yang dimintai komentarnya mengaku, pihaknya telah menerima secara rersmi seekor hewan qurban dari Bupati Bima melalui Bagian Kesra setempat. “Selanjutnya, pada saat Idul Qurban nantinya-kami akan memotong hewan ini dan kemudian dagingnya diperuntukan kepada anak-anak binaan yang ada di sini. Sebab, mereka juga ini merasakan seperti apa yang dirasakan oleh masyarakat di luar Rutan,” jelas Khalik.

            Atas penyerahan seekor hewan qurban berupa sapi tersebut, pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih tak terhingga kepada Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri-Drs. H. Dahlan M. Noer.

“Dal hal ini, tentu saja akan membuat anak-anak binaan termasuk kami pihak Rutan sangat senang. Oleh karenanya, kami dan seluruh anak binaan yang ada di sini menyampaikan apresiasi dan terimakasih tak berujung kepada Bupati-Wakil Bupati Bima,” paparnya.

            Selain seeokor hewan qurban, Bupati-Wakil Bupati Bima juga pernah menyerahjkan hadiah pada acara HUT Kemerdekaaan RI untuk anak-anak binaan yang ada di Rutan ini. “Alhamdulillah, setiap permintaan yang kami ajukan selalu dijawab oleh Bupati-Wakil Bupati Bima. Oleh karena itu, sekali lagi kami ucapkan terimakasih. Sebenarnya, kami juga ingin minta bantuan lagi kepada Bupati-Wakil Bupati Bima. Yakni, Mobil Dinas (Mobdis). Sebab, Mobdis yang ada ini sudah sangat tua. Semoga saha permohonan ini, dapat dijawab oleh Bupati-Wakil Bupati Bima,” pintanya.

            Diakuinya pula, Walikota Bima juga menjanjikan akan menyerahkan hewan qurban untuk anak-anak binaan di Rutan Raba-Bima. “Belum lama ini, pemkot Bima juga menjanjikan akan menyerahkan hewan qurban untuk anak-anak binaan di sini. Ya, sekaran kami masih menunggunya,” pungkasnya. (Rizal/Must/Buyung/Wildan)