Waki Walikota Bima saat menerima bantuan secara simbolic dari Astra

 

Visioner Berita Kota Bima-Sejak berada pada ranah politik yang dimulai dari DPRD Kabupaten Bima hingga dalam beberapa tahun terakhir menjabat sebagai Wakil Walikota Bima, media massa belum pernah memiliki catatan tentang H. A. Rahman H. Abidin menangis. Namun kali ini, pada sebuah pertistiwa penting yang berlangsung di SDN 55 Kota Bima, Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, yiba-tiba mengeluarkan air mata (menangis). Kenapa orang nomor dua di Kota Bima ini menangis?.

            Ceritanya, beberapa hari lalau di halaman SDN 55 Kota Bima dilangsungkan kegiatan pembangian seragam sekolah seperti Tas dan lainnya untuk anak-anak sekolah yang terdampak bencana banjir bandang di penghujung Desember 2015 oleh pihak Astra. Bantuan tersebut, diserahklan kepada anak siswa-siswi SDN 55 Kota dan Bima dan SDN 11 Kota Bima. Bantuan tersebut, diserahkjan secara simbolis dan diterima langsung oleh Walikota Bima.

            Namun sebelum menerima bantuan secara simbolis tersebut-tepatnya saat hadiri pada kegiatan tersebut, Walikota Bima langsung mencucurkan air mata ketika melihat sambutan anak-anak sekolah terdampak bencana penuh semangat dan ceriah. “Jujur, pertama memasuki acara ini, saya langsung menangis. Saya menangis karena merasa bahagia ketika disambut dengan senyuman, semangat dan keceriaan anak-anak sekolah terdampak bencana,” jelas Wakil Walikota Bima saat memberikan sambutan pada kegiatan dimaksud, sembariu menampakan wajah sedih.           

            Denmgan kondisi tersebut diakuinya, anak-anak terdampak bencana banjir bandang sudah bisa tersenyum, semangat dan bahagia. Padahal sebelumnya, mereka berada pada kondisi berduka, air mata dan trauma yang sangat kental. “Di penghujung Desember 2016, Kota Bima dan masyarakatnya dihadiahi oleh Allah SWT banjir bandang selama dua kali. Yakni Rabu (21/12/2017) dan Jum’at (23/2/2017). Banjir bandar tersebut adalah terbesar dalam sejarah 300 lebih tahun Bima terbentuk. Karena musibah tersebut, sebagai pemimpin-kami tidak bisa berkata-kata, kecuali sedih,” ujarnya.

            Pada hari Kamis pasca terjadinya banjir bandang tersebut, dirinya bersama Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin hanya bisa menatap dengan hati yang sangat hancur. Pada Jum’at, pihak mencoba menghilangkan trauma dan membersihkan pohon-pohon. “Namun pada Jum’at itu juga, datang lagi banjir yang lebih besar dari hari Rabu (23/12/2018). Kota Bima dan masyarakatnya, benar-benar diuji oleh Allah SWT,” ulasnya.

            Tetapi kini, suasana menjadi berubah. Saat menanjakan kaki memasuki pintu SDN 55 Kota Bima dalam rangka mengikuti kegiatan pembagian bantuan oleh, spontan saja ia tersentak karena disambut dengan tepukan semangat dan tersenyum dari anak-anak sekolah yang sejak awal hadir dalam acara itu pula.          “Masyarakat Kota Bima, boleh menghujat kami dengan pak Walikota karena tidak bisa hadir di seluruh wilayah Kota Bima. Tetapi kami bangga dengan senyum yang muncul di wajah anak-anak ini,” tuturnya.

            Atas bantuan yang diberikan oleh pihak Astra tersebut, selain ucapan selamat datang, pihaknya juga menyatakan terimakasih tak terhingga. “Anda (pihak Astra) hadir saja di Kota Bima dalam kondisi ini saja suda mampu membangkitkan kembali semangat kami, apalagi datang memberikan bantuan atas nama kepedulian terhadap sesama,” ucapnya.

            Atas bantuan tersebut, tentu saja doa anak-anak sekolah terdampak bencana, semoga Serikat Pekerja Astra semakin sukses dimasa yang akan datang. Selain itu, Wakil Walikota Bima juga menjelaskan bahwa masa tanggap darurat pasca bencana banjir bandang sudah selesai.

            “Kami bisa pulih kembali seperti ini karena banyak pihak yang terlibat. TNI, Polri dan para pihak lainnya, datang memberikan empaty yang luar biasa untuk warga Kota Bima. Dan yang juga membuat kami bahagia adalah, hadirnya para pihak dari manapun untuk membantu warga Kota Bima yang didera oleh bencana banjir bandang. Untuk itu, kami ucapkan apresiasi dan terimakasih tak berujung,” tandasnya.

            Atas peristiwa terdahsyat tersebut (banjir bandang, tercatat 105 ribu warga Kota Bima yang terkena dampaknya. Namun  rasa empaty atas nama nurani dan persaudara yang kental, datang parah pihak ke Kota Bima dengan tujuan membantu. “Ini yang harus kita tanamkan kepada generasi mendatang,” harapnya.

            Ia juga tidak menafikan, kedepan masyarakat Kota Bima masih mengharapkan bantuan dari semua pihak. Sementara bantuan yang diberikan oleh pihak Astra tersebut, diakuinya sangat berarti. “Insya Allah, bantuan ini sangat bermanfaat. Sekali lagi, atas nama warga Kota Bima, kami nyatakan apresiatif dan berterimakasih kepada pihak Astra. Semoga hal tersebut, menjadi ladang amal untuk modal di hari kelak,” ujar Wakil Walikota.

            Acara penyehan bantuan oleh pihak Astra tersebut, juga menghadirkan Artis Pop Indonesia yakni Nugi dan Bastian (Koboy Junior). Kedua penyanyi Pop tersebut, menyumbangkan beberap lagu anak-anak. Lagu tersebut, lebih berorientasikan kepada mengibur anak-anak terdampak bencana banjir bandang.  

            “Terimakasih kepada kedua artis ini, karena telah mampu menyuguhkan hiburan buat anak-anak kami yang tertimpa bencana banjir bandang. Insya Allah dalam satu kedepan, Kota Bima akan kembali pulih. Dan tiga tahun kedepan, Kota Bima akan jauh lebih baik,” pungkasnya. (Rizal)