Home GovernmentGovernment Optimasi Program, GM Geopark Tambora bangun Kerjasama dengan STIE Bima

Optimasi Program, GM Geopark Tambora bangun Kerjasama dengan STIE Bima

by admin

Visioner, Bima-
General Manager Dewan Pelaksana Geopark Tambora TA 2021, Ir. Hadi Santoso, ST, MM, mulai merangkul dunia kampus untuk menyukseskan program-programnya. Hari ini, Senin (08/02/2021) pihaknya melakukan penandatanganan Nota Kerjasama dengan Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM.

Penandatanganan nota kerjasama dilakukan di ruang BI Corner STIE Bima. Disaksikan oleh Manager Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Antar Lembaga DP Geopark Tambora, Amirulmukminin, S.Pd, M.Pd dan Humas STIE Bima, Ita Purnama, M.Pd

“Alhamdulillah, hari ini telah mulai kita tanda tangani Nota Kerjasama dengan STIE Bima. Intinya tentang pengembangan kawasan Geopark Tambora. Baik dari aspek pelestarian Budaya, Biodiversity, serta pengembangan sektor UMKM di lingkar Tambora,” ujar Hadi Santoso.

Menurut General Manager yang baru seminggu dikukuhkan oleh Surat Keputusan Gubernur NTB ini, untuk mengembangkan ekonomi masyarakat di kawasan Geopark Tambora, wajib melaksanakan konsep Penta Helix, yang biasa disingkat ABCGM. Sehingga, peningkatan kesejahteraan benar-bemar bisa digenjot secara efektif.

“Kolaborasi lima komponen ABCGM, yakni Academisi, Business, Community, Government, dan Mass Media, tidak bisa di tawar-tawar, jika kita serius ingin membangun daerah. Terlebih kawasan Tambora memiliki kelebihan yang mendunia, namun masih sangat butuh perluasan optimalisasi di berbagai aspeknya,” imbuh Hadi.

Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM, menyambut baik kerjasama pihaknya dengan Dewan Pelaksana Geopark Tambora. Mengingat, pihaknya memang memiliki tanggung jawab sebagaimana tertuang dalam Tri Darma Perguruan Tinggi, untuk melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“Sebagai tanggung jawab formil dan sosial kami. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di wilayah Geopark Tambora, memang menjadi prioritas. Karena kami punya bidang inkubasi bisnis, ada penelitian, ada Kuliah Kerja Nyata, dll,” terang Firdaus.

STIE sendiri telah sejak lama melakukan pembinaan-pembinaan pada UMKM di wilayah Kota Bima, Kab. Bima, maupun Dompu. Termasuk di wilayah Geopark Tambora. Seperti Desa Piong, Kec. Sanggar Kab. Bima, Desa Soro Barat Kec Kempo Kab Dompu, dll.

“Insya Allah, dengan adanya MoU dengan DP Geopark Tambora ini. Kami akan lebih fokus lagi melakukan penelitian, pengabdian masyarakat, serta pembinaan-pembinaan pada UMKM di kawasan Geopark Tambora. Semoga hal ini, menjadi kontribusi nyata kami untuk mensupport Program NTB Gemilang Gubernur NTB,” tutup pria yang juga Ketua PERPANI Kota Bima ini.

You may also like

Leave a Comment